Bikin Awet Muda! Inilah 12 Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Kamu

Siapa disini yang mager pakai atau malah berfikir kalau sunscreen hanya buat cewek? Hmm kalau kamu salah satunya, coba mulai buat merubah pemikirannya ya gaes. Sunscreen merupakan salah satu skincare yang paling penting. Kenapa? Karena ternyata banyak banget manfaat sunscreena untuk kulit kamu yang sangat baik, bukan cuma melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari ya, tapi ternyata sunscreen bisa bikin kulit kamu lebih lembab sampai mencegah kamu dari kanker kulit!

Permasalahan kulit nyatanya banyak banget yang disebabkan oleh paparan sinar UV, mulai dari flek hitam, kulit kemerahan, garis halus, dan lainnya. Salah satu skincare yang bisa menangkal masalah-masalah tersebut adalah sunscreen atau tabir surya. Alasan malas sepertinya juga sudah tidak relate digunakan untuk saat ini karena sekarang sunscreen hadir dalam banyak jenis. Nah, mari kita simak bersama apa aja sih manfaat sunscreen buat kulit kamu!

 

12 Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Kamu

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Sinar matahari dibagi menjadi berbagai jenis dan yang paling umum dikenal adalah sinar UVA dan UVB. Sinar UVA bisa mengakibatkan kulit kamu rusak dan munculnya tanda-tanda penuaan dini muncul, sedangkan sinar UVB dapat mengakibatkan kulit kamu mengalami sensasi perih terbakar, menghitam dan tidak merata, bahkan dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit sebagai efek jangka panjangnya. Nah, untuk melindungi kulit kamu dari bahaya paparan sinar UV, salah satu skincare yang wajib kamu gunakan adalah sunscreen. Sunscreen memiliki manfaat untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari terutama jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Sebaiknya kamu menggunakan sunscreen saat pagi sampai matahari terbenam.

 

Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini

Sumber Gambar : YesDok

Manfaat sunscreen yang berikutnya adalah mencegah penuaan dini.Hal ini sangat penting untuk kita yang tinggal di negara tropis karena terkena paparan sinar matahari yang intensif. Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan beberapa masalah kulit seperti kulit kemerahan dan memicu efek photoaging. Photoaging merupakan penuaan dini yang disebabkan oleh radiasi UVB yang ditandai dengan munculnya bintik hitam, garis halus, kerutan, dan kulit menjadi kering serta kasar.

 

Mencegah Munculnya Komedo

Komedo hitam pada wajah

Sumber Gambar : Alodokter

Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit yang sangat mengganggu. Paparan sinar matahari merupakan faktor yang memicu munculnya komedo. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, sunscreen merupakan hal yang wajib kamu aplikasikan ke wajah kamu tapi dengan catatan kamu harus teliti memilih kandungannya. Kamu harus menghindari sunscreen dengan kandungan kimia yang bersifat comedogenic karena dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat dan komedo. Nah, agar kulit kamu tetap terlindungi tanpa khawatir akan munculnya komedo, kamu bisa pilih produk sunscreen dengan kandungan non-comedogenic disini. 

 

Mencegah Kanker Kulit

Iklim tropis mengharuskan kita untuk sering berhadapan dengan paparan sinar matahari yang memberikan dampak buruk bagi kulit kita karena radiasi UV. Radiasi dari sinar UV ini dapat merusak DNA kulit yang ditandai dengan sunburn. Kerusakan ini jika kita biarkan terus menerus dapat memicu kanker kulit. Jadi, jangan lupa untuk melindungi kulit kamu dengan sunscreen ya!

 

Melindungi Kulit dari Flek Hitam

Salah satu tanda penuaan dini akibat paparan sinar UVB adalah munculnya flek hitam pada kulit kamu. Hal ini pasti akan sangat merusak penampilan, terutama wajah kamu. Salah satu manfaat sunscreen adalah dapat memberikan perlindungan pada kulit dari bahaya paparan sinar UV. Selain itu sunscreen dapat menjadikan kulit kamu lebih kencang dan awet muda.

 

Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Sumber Gambar : caviarofswitzerland.com

Kamu pasti pernah mengalami adanya warna kulit yang tidak merata di beberapa area tubuh terutama wajah kan? Biasanya hal ini terjadi ketika kamu terkena paparan matahari berlebihan dalam waktu yang lama tanpa perlindungan. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan kamu karena beberapa area kulit kamu tidak sama warnanya dengan warna kulit asli kamu. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan dan diaplikasikan ulang setiap 4 jam sekali.

 

Melindungi Kulit Walaupun Berkeringat

Salah satu manfaat sunscreen yang selanjutnya adalah dapat tetap melindungi kamu meski kamu berkeringat. Sekarang sudah sangat banyak pilihan sunscreen dengan beragam bentuk dari mulai krim, gel, dan spray. Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 dengan sifat yang tahan air. Tapi jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen ke kulit kamu setiap 2 jam sekali jika kamu berenang atau aktifitas lain yang memicu produksi keringat lebih banyak ya!

 

Menghindari Efek Sunburn

Efek sunburn yang dapat merusak kulit

Sumber Gambar : Alodokter

Sunburn merupakan salah satu dampak negatif dari paparan sinar matahari. Biasanya akan kamu alami ketika beraktifitas di luar ruangan pada siang hari yang terik. Kulit memerah dan terasa seperti terbakar merupakan salah satu penanda gejalanya. Hal ini bisa kamu cegah dengan penggunaan sunscreen sebelum beraktifitas.

 

Meminimalisir Kulit yang Menghitam

Menghitamnya kulit akibat paparan matahari yang terlalu lama merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Tapi hal ini bisa kita minimalisir dengan mengaplikasikan sunscreen di kulit terutama pada area wajah. Pilih jenis sunscreen yang cocok dengan kulit kamu agar kamu bisa aplikasikan berulang-ulang untuk perlindungan yang maksimal.

 

Mencegah Permasalahan Kulit

Sunscreen merupakan salah satu skincare yang wajib penggunaanya untuk semua jenis kulit, kelamin, dan usia. Penggunaan sunscreen juga harus mempertimbangkan cocok atau tidaknya jenis sunscreen untuk diaplikasikan ke kulit kamu. Jika kamu sudah menemukan sunscreen yang cocok, hal ini dapat mencegah gangguan kesehatan pada kulit.  

 

Menghindari Munculnya Garis Halus

90% garis halus merupakan salah satu permasalahan yang disebabkan oleh sinar matahari. Garis halus pada kulit disebabkan oleh paparan sinar UVA yang lama. Potensi. Hal ini dapat diantisipasi dengan penggunaan sunscreen yang memiliki kandungan SPF minimal 30 dengan pemakaian yang teratur.

 

Melembabkan Kulit

Manfaat sunscreen tidak hanya sebagai pelindung kulit kita dari paparan sinar matahari, beberapa kandungan pada sunscreen terbukti dapat menarik cairan dengan kuat. Apabila kamu mengkombinasikan sunscreen dengan bahan aktif lain, sunscreen juga dapat berfungsi untuk melembabkan kulit kita.

 

Meminimalisir Kemungkinan Penipisan Pembuluh Darah

Penipisan pembuluh darah adalah salah satu permasalahan jangka panjang yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Hal ini dapat menyebabkan munculnya pendarahan dan memar pada kulit. Permasalahan pembuluh darah pada kulit dapat kamu cegah dengan mengaplikasikan sunscreen dengan kandungan titanium dan zinc dioxide. Bahan ini dipercaya dapat memantulkan sinar UV dari kulit.

 

Nah, demikian beragam manfaat sunscreen yang sangat penting buat kulit kamu. Akan tetapi sunscreen hanya akan efektif berfungsi jika digunakan dengan benar dan teratur. Ada dua hal yang harus kamu perhatikan ketika mengaplikasikan sunscreen untuk kulit kamu, yaitu ketebalan dan waktu penggunaanya. Ketebalan penggunaan sunscreen tidak boleh terlalu tipis karena dapat mempengaruhi nilai SPF, minimal satu ruas jari telunjuk. Jika kamu terlalu tipis pada saat mengaplikasikannya pada kulit kamu maka manfaatnya akan menurun. Sedangkan untuk waktu penggunaannya, sunscreen akan efektif digunakan 30 menit sebelum beraktifitas dan ulang pemakaiannya setiap 4 jam sekali. Jadi, jangan lupa rajin pakai sunscreen demi kesehatan kulit kamu ya Syoobers!