Dua Kali Dicuri! Fakta Unik Trofi Piala Dunia yang Kamu Harus Tau

Siapa yang tidak menunggu acara sepak bola terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali ini. Berbagai negara mengirimkan tim kebanggaan mereka untuk bertanding memperebutkan sebuah trofi Piala Dunia. Tim nasional sepak bola sebelumnya diharuskan untuk mengikuti pertandingan kualifikasi yang diselenggarakan dua tahun sebelum pertandingan Piala Dunia resmi dimulai. Proses seleksi ini dilakukan di wilayah masing-masing untuk menentukan tim nasional negara mana yang berhak mengikuti Piala Dunia. Jika berhasil memenangkan pagelaran olahraga sepak bola ini, tim nasional dari suatu negara tersebut mendapat predikat sebagai “Juara Dunia”. Jadi, tidak heran jika trofi piala dunia ini menjadi salah satu trofi yang paling dicari oleh seluruh tim nasional dari semua negara yang ikut berpartisipasi. Nah, ternyata banyak fakta unik Trofi Piala Dunia yang terbuat dari emas yang satu ini. Mari kita kupas satu per satu fakta unik trofi piala dunia yang kamu harus tau!

Fakta Unik Trofi Piala Dunia :

Perbandingan Ukuran Trofi Piala Dunia

Perbandingan trofi Piala Dunia yang pertama dengan trofi Piala Dunia baru

Sumber Gambar : Hargo.co.id

Sejak tahun 1930, pertama kali pagelaran olahraga sepakbola terbesar di dunia dilaksanakan hingga saat ini, terdapat dua bentuk trofi yang memiliki perbedaan signifikan. Trofi pertama yang dibuat berbahan dasar perak murni yang dilapisi emas. Alas trofinya dibuat menggunakan lapis lazuli. Beratnya mencapai 3,8 kg dengan tinggi 35 cm.

Trofi Piala Dunia yang kedua, yang mana masih digunakan hingga saat ini memiliki ukuran yang lebih besar. Trofi ini memiliki tinggi 37 cm, sedangkan beratnya trofi ini hampir dua kali lebih berat dari versi yang sebelumnya, yaitu mencapai 6,175 kg. Bahan dasar yang digunakan pun sangat berbeda yaitu menggunakan emas murni 18 karat pada bagian atasnya. Alasnya ada dua lapis yang dibuat menggunakan malachite. Bisakah Syoobers menghitung perkiraan harga dari kedua trofi Piala Dunia tersebut?

Trofi Pertama

Trofi pertama ini didesain oleh seniman pemahat asal Prancis yang bernama Abel Lafleur. Dia mengangkat tokoh Yunani Kuno yaitu Nike. Nike adalah figur perempuan yang merupakan simbol Dewi Kemenangan. Inspirasi dituangkan oleh Abel Lafleur dalam bentuk perempuan-perempuan dengan sayap yang dikepakkan. 

Trofi pertama ini dibuat untuk merayakan Piala Dunia yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 dan diberi nama “Victory” yang memiliki arti kemenangan. Namun, nama Trofi ini lebih dikenal dengan sebutan “The World Cup” atau “Coupe du Monde”. 

Disimpan di Kotak Sepatu

Ada cerita unik yang berasal dari Italia. Pada saat tim nasional Italia menjuarai Piala Dunia pada tahun 1938, Ottorino Barassi yang merupakan wakil presiden FIFA memutuskan untuk menyembunyikan dan memindahkan trofi tersebut dari bank di Roma ke rumahnya. Trofi tersebut dia simpan di dalam kotak sepatu di bawah tempat tidurnya. Hal tersebut dia lakukan secara diam-diam untuk menghindari trofi tersebut dari sasaran Nazi.

Mengalami Pergantian Nama

Pada awal perjalanannya, trofi Piala Dunia sempat berganti nama menjadi “The Jules Rimet Trophy” dari yang sebelumnya bernama “The World Cup”, tepatnya pada tahun 1946. Jules Rimet sendiri merupakan orang yang menginisiasi untuk diberlangsungkannya pertandingan Piala Dunia. Dia juga menjabat sebagai Presiden dari tahun 1921 hingga 1954.

Dicuri untuk Pertama Kalinya

Penampakan anjing yang menemukan Piala Dunia yang dicuri

Sumber Gambar : Detik Sport

Pada tahun 1966, untuk pertama kalinya dalam sejarah terjadi pencurian trofi Piala Dunia. Tepatnya 4 bulan sebelum pagelaran terbesar sepak bola itu dimulai. Pencurian  terjadi di pameran yang diadakan FIFA di Westminster Central Hall, Inggris yang padahal sudah memiliki tingkat keamanan yang sangat ketat.

Tidak tanggung-tanggung, pencuri trofi Piala dunia meminta tebusan sebesar £15,000. Tapi uniknya, trofi ini justru ditemukan oleh seekor anjing bernama Pickles milik seorang pria bernama Dave Corbett. Pickles menemukan trofi Piala Dunia tersebut ketika sedang berjalan-jalan bersama majikannya. Setelah Dave Corbett mengembalikan trofi tersebut, Ia diberi hadiah sebesar £6,000 dan makanan gratis seumur hidup untuk anjingnya yang bernama Pickles.

 

Trofi Replika

Replika trofi piala dunia

Sumber Gambar : Bola.com

FIFA membuat langkah antisipasi apabila trofi Piala Dunia yaitu “The Jules Rimet” belum ditemukan dengan membuat replika sementara. Trofi replika tersebut dibuat oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris pada tahun 1966 secara diam-diam. Penggunaanya bahkan berlangsung sampai dengan upacara penghargaan Piala Dunia pada tahun 1970.

Lelang Trofi Replika

Pembuatan trofi replika Piala Dunia sebenarnya dilarang secara eksplisit oleh FIFA. Replika trofi ini akhirnya dilelang pada tahun 1997 dan dibeli oleh FIFA setelah disembunyikan bertahun-tahun. FIFA membeli trofi tersebut seharga £254,000 yang mana sangat jauh dibandingkan harga awal yang ditetapkan yaitu £20,000–£30,000.

Kedua Kalinya Dicuri

Setelah trofi Piala Dunia diberikan kepada Pele pada saat tim nasional Brasil memenangkan Piala Dunia untuk ketiga kalinya, trofi asli tersebut lagi-lagi dicuri untuk kedua kalinya. Kejadian ini berlangsung di Rio, saat Konfederasi Sepak Bola Brazil. Dicurigai ada beberapa pria yang nekat untuk mencongkel tempat penyimpanan trofi Piala Dunia menggunakan linggis. Trofi Piala Dunia tersebut belum ditemukan sampai sekarang, bahkan kabarnya sudah dilebur atau dijadikan koleksi pribadi.

Pembuatan Trofi Baru

Silvio Gazzaniga yang merupakan pembuat trofi piala dunia yang baru

Sumber Gambar : Italiani.it

Trofi piala dunia yang baru dibuat melalui sayembara desain dan dimenangkan oleh Silvio Gazzaniga yang merupakan seniman pemahat asal Italia. Dia berhasil mengalahkan 52 pesaing lainnya yang berasal dari berbagai negara. Penampilan trofi Piala Dunia ini mengalami perubahan yaitu berbentuk dua manusia yang menopang bola dunia. Trofi baru ini pertama ditampilkan dan dimenangkan oleh Jerman pada tahun 1974. 

Lokasi Penyimpanan Trofi Saat Ini

Museum FIFA yang merupakan tempat disimpannya trofi piala dunia yang asli

Sumber Gambar : Zurich Tourism 

Saat ini trofi Piala Dunia yang asli disimpan di Museum FIFA World Football yang ada di Zurich, Swiss karena sejak tahun 2006 FIFA menetapkan untuk tidak memberikan versi yang asli kepada negara pemenang. Sebagai gantinya, negara yang memenangkan Piala Dunia diberikan trofi replika yang berlapis emas perunggu. Trofi ini juga akan terlihat setiap saat final Piala Dunia berlangsung.

Nah, sudah sama-sama kita bahas fakta unik seputar trofi Piala Dunia ya Syoobers. Ternyata banyak juga kisah yang dialami trofi sakral tersebut kan? Maka tidak heran kalau trofi tersebut menjadi impian setiap tim nasional yang ikut serta kompetisi sepakbola terbesar di dunia. 

Jadi siapa tim jagoanmu dalam Piala Dunia tahun ini? Pasti sudah nggak sabar nonton bareng kan?! Untuk menambah keseruan, jangan lupa untuk pakai jersey tim nasional negara kebanggaanmu yang bisa kamu bisa beli disini dan dapatkan promo potongan harga dan gratis ongkos kirim ke rumah kamu.