7 Kelebihan Susu UHT Untuk Anak

Jika kita berbelanja ke supermarket atau ke marketplace, ada beberapa jenis susu yang bisa kita temukan seperti fresh milk, UHT, skim, sampai susu bubuk. Susu UHT merupakan salah satu yang paling sering kita jumpai. Apalagi susu jenis ini merupakan susu yang paling sering diminati oleh buah hati kita tercinta karena memiliki kemasan yang menarik dan pilihan rasa yang bervarian. Sebenarnya apa sih kelebihan susu UHT untuk anak?

Pengertian Susu UHT

Hayo disini siapa yang belum tau apa itu kepanjangan dari UHT? Yups, UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature. Sesuai namanya susu jenis ini diproduksi menggunakan suhu yang tinggi yaitu di kisaran 135-150 derajat celcius, bergantung pada waktu yang digunakan Proses ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang terdapat pada susu murni. Setelah proses pemasakan susu selesai, susu akan disimpan pada ruangan dengan suhu rendah yaitu pada lemari pendingin. Susu UHT memiliki waktu simpan yang terbilang lama dan tidak perlu disimpan pada lemari pendingin selama kemasannya belum dibuka.

Anjuran Minum Susu UHT Untuk Anak

Sumber Gambar : Nanny Care ID

Sumber nutrisi sejak dini untuk anak adalah ASI terutama pada 6 bulan pertama sejak anak dilahirkan atau lebih dikenal dengan sebutan ASI Eksklusif. Tapi faktanya tidak semua ibu beruntung dapat memberikan ASI kepada anaknya dengan lancar. Hal ini yang menyebabkan ibu membutuhkan asupan tambahan untuk anak seperti susu UHT dan susu formula.Jika melansir dari Healthykids, susu UHT hanya boleh dikonsumsi oleh anak berusia diatas 1-2 tahun. Dengan takaran maksimal 500 ml setiap hari.

Kelebihan Susu UHT Untuk Anak

Seperti halnya jenis susu yang lainnya, susu UHT memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut ini kelebihan susu UHT untuk anak :

Tahan Lama

Karena proses pembuatannya menggunakan suhu yang sangat tinggi, susu UHT memiliki waktu simpan yang lama yaitu satu bulan bahkan lebih jika kemasannya belum dibuka. Tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk. Kemudian segera masukan kedalam kulkas setelah kemasan dibuka untuk memperpanjang masa simpannya.

Setelah dibuka, susu sebaiknya disimpan dalam lemari es dan dikonsumsi dengan cepat seperti makanan lain.

Banyak Jenis dan Pilihan Rasa

Sumber Gambar : Freepik

Hal yang menjadi kelebihan selanjutnya dari susu UHT adalah banyaknya pilihan jenis dan varian rasa. Di pasaran, susu UHT hadir dengan berbagai jenis diantaranya :

  1. Full-cream
  2. Low-fat
  3. Skim

Sedangkan untuk varian rasanya, susu UHT hadir dalam berbagai varian yaitu coklat, vanilla, plain, karamel, pisang, strawberry, dan taro. 

Tinggi Nutrisi

Susu UHT memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi yang terkandung di dalamnya meliputi protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan riboflavin. Walaupun ada beberapa nutrisi dengan kadar yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan fresh milk  seperti vitamin B12, tiamin, vitamin B6, dan folat, akan tetapi nutrisi pada susu UHT tetaplah cukup sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehari-hari.

Membantu Kesehatan Tulang

Sumber Gambar : PediaSure

Untuk membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang, diperlukan beberapa asupan nutrisi seperti kalsium, seng, dan vitamin D. Semua kandungan tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi susu UHT. Jika melansir dari Healthykids, anak-anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan nutrisi minimal 700 mg kalsium dalam satu hari, sedangkan anak berusia 4-8 tahun setidaknya membutuhkan asupan nutrisi kalsium sebanyak 1000 mg. Sudahkah moms mencukupi kebutuhan buah hati tercinta? Pastikan jangan sampai kekurangan agar pertumbuhannya maksimal.

Sumber Energi

Jika anak sudah menginjak usia dua tahun, memang sudah menjadi hal yang wajar apabila anak menjadi sangat aktif. Adanya kondisi ini menuntut kebutuhan asupan energi yang lebih besar agar anak dapat lebih banyak mempelajari hal yang butuh mereka ketahui. Asupan energi yang bisa dengan moms dapatkan dengan mudah salah satunya dengan memberikan susu UHT pada si buah hati. Dengan mencukupi asupan energinya maka anak tidak akan mudah lelah. 

Kemasan Aseptik

Sumber Gambar : Freepik

Tidak hanya menarik, kelebihan lain dari susu UHT adalah pengemasannya yang lebih higienis. Hal ini disebabkan oleh penerapan prosedur pengemasan septik yang meliputi sterilisasi bahan dan wadah yang digunakan untuk pengemasan. Untuk mencegah adanya kontaminasi ulang oleh mikroorganisme, susu UHT dikemas menggunakan wadah yang rapat melalui pengisian produk steril dengan bahan septik.

Dapat Digunakan Sebagai Campuran ASI

Sumber Gambar : Kompas.com

Susu UHT yang memiliki cita rasa manis dan gurih juga cocok untuk digunakan sebagai campuran MPASI untuk si buah hati tercinta. Tapi ingat susu UHT hanya boleh digunakan jika anak sudah berusia lebih dari satu tahun ya moms. Nutrisi yang ada pada susu UHT bisa melengkapi nutrisi yang ada pada bahan lain yang digunakan untuk MPASI. Hal lain yang perlu moms catat adalah sebisa mungkin untuk tidak memanaskan susu UHT karena kurang baik untuk kesehatan. Selain itu, memanaskan susu UHT hanya akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Itu dia beberapa kelebihan susu UHT untuk anak yang bisa moms coba di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal penting yang tadi sudah dibahas agar si kecil bisa mendapatkan manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Semoga bermanfaat ya moms!

Referensi