Penting! Inilah 6 Sumber Makanan dan Minuman yang Kaya Akan Nutrisi yang Baik untuk Anak

Beberapa waktu yang lalu tentu sering kamu dengar tentang banyaknya penyakit yang muncul khususnya pada anak. Bahkan sempat terjadi kasus yang menghebohkan yang dikarenakan adanya kandungan berbahaya yang terdapat pada obat sirup untuk anak. Terlepas dari adanya kasus tersebut, untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan, asupan nutrisi yang tepat untuk anak perlu kita sediakan. Hal ini juga tentu bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak tercinta.

Pemberian nutrisi yang baik untuk anak merupakan suatu tindakan antisipasi yang perlu kita lakukan sebagai orang tua karena hal tersebut terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Daya tahan tubuh anak yang kuat tentunya dapat mengurangi rasa khawatir kita sebagai orang tua. Adapun beberapa asupan nutrisi yang diperlukan diantaranya meliputi protein, mineral, vitamin, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk tubuh, sehingga tidak cukup jika hanya salah satu nutrisi saja yang kita penuhi.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Nutrisi yang Baik Untuk Anak

Jika mengutip dari Harvard, makanan merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini tentunya perlu diimbangi dengan waktu tidur yang cukup selama 6 sampai 8 jam sehari dan olahraga minimal 3 kali sehari. Adapun beberapa contoh makanan mengandung nutrisi yang baik untuk anak diantaranya :

Sayuran

Nutrisi yang baik untuk anak salah satunya adalah sayuran

Sumber Gambar : Kumparan

Salah satu bahan makanan yang palin penting kandungan nutrisinya adalah sayur-sayuran. Sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan zat besi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Antioksidan pada sayuran terbukti dapat mencegah kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit sendi dan jantung. Sayuran juga baik dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan karena adanya serat dan prebiotik. Salah satu syarat jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang baik adalah memelihara sistem pencernaan yang sehat. Jadi jangan lupa untuk menambahkan sayuran di setiap menu makanan anak ya moms. Beberapa sayuran yang bisa dijadikan pilihan diantaranya brokoli, sawi, dan selada. Memang tidak sedikit anak yang kurang menyukai rasa sayuran, jadi moms bisa mengkreasikan bahan sayuran menjadi menu makanan yang rasanya enak seperti salad dan lumpia. 

Buah-buahan

Buah-buahan

Sumber Gambar : Tribun

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrients, disebutkan bahwa beberapa buah-buahan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, contohnya vitamin C, vitamin E, dan betakaroten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Buah seperti pepaya juga memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Beberapa contoh buah yang bisa disajikan di rumah maupun bekal sekolah anak diantaranya apel, semangka, melon, pepaya, pisang, dan nanas.

Daging

Daging ayam dan daging sapi

Sumber Gambar : Republika

Daging merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Tanpa asupan protein yang cukup, otot tidak akan berkembang dengan maksimal. Contoh daging yang bisa moms gunakan untuk dijadikan menu makan anak adalah daging sapi dan daging ayam. Protein yang terkandung pada daging sebenarnya berfungsi untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot yang rusak dan bekerja sama dengan zinc yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Sumber Gambar : AI Care

Bahan makanan yang kaya akan kandungan protein yang selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Apalagi kacang-kacangan memiliki kadar lemak yang lebih rendah dari daging. Kandungan lemak yang terkandung pada kacang-kacangan juga termasuk lemak tak jenuh yang jauh lebih ramah untuk tubuh kita. Sumber nutrisi yang satu ini juga memiliki senyawa lain yang bermanfaat seperti serat, mineral, tokoferol, fitosterol, dan fenolik. Senyawa fitosterol merupakan lemak baik yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, sedangkan senyawa Tokoferol merupakan salah satu bentuk vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Beberapa contoh kacang-kacangan yang dapat moms coba variasikan untuk menu si kecil diantaranya adalah kacang kedelai, almond, mete, kacang tanah, dan lain-lain.

Makanan Laut

Nutrisi yang baik untuk anak banyak yang berasal dari makanan laut

Sumber Gambar : Dokter Sehat

Sumber makanan laut sudah tidak perlu diragukan lagi peranannya sebagai pembawa nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan makanan laut mengandung vitamin yang hanya sedikit diproduksi oleh tubuh yaitu vitamin D. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain vitamin D, sumber makanan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk mata, vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, dan vitamin B12 yang berfungsi untuk melindungi sel saraf. Moms juga tidak perlu bingung untuk memilih dan mengolah bahan makanan yang satu ini karena memang rasanya yang enak. Beberapa contoh makanan laut yang mudah didapatkan di pasar maupun supermarket diantaranya yaitu ikan tongkol, ikan tuna, kerang, udang, dan cumi-cumi.

Susu

Susu

Sumber Gambar : Alodokter

Susu merupakan minuman yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman yang satu ini mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin, kalsium, seng, dan bahkan protein. Salah satu vitamin yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A yang juga dikenal sebagai vitamin anti peradangan sehingga vitamin ini memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi, susu merupakan minuman pelengkap yang wajib moms sediakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Nah, setelah mempelajari beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk anak, sekarang waktunya moms untuk membuat daftar menu makanan yang wajib disediakan di rumah maupun sebagai bekal sekolah. Dengan memenuhi nutrisi tersebut dan mengimbanginya dengan pola tidur cukup dan olahraga teratur, pastinya sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat dan lebih tahan  terhadap penyakit. Selamat mencoba!

Referensi : Asupan Nutrisi Anak