19 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Ampuh

Perut buncit merupakan salah satu pertanda adanya beberapa faktor yang kurang baik dalam tubuh kamu, diantaranya penumpukan lemak yang berlebihan, gangguan sistem pencernaan, pola hidup yang tidak teratur, dan sebagainya. Hal ini bisa menjadi bom waktu yang suatu saat dapat menjadi masalah yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Mulai dari hal permasalahan kecil seperti celana kamu mulai terasa sempit sampai memicu munculnya penyakit seperti jantung dan diabetes. Banyak orang kesulitan untuk mencari cara mengecilkan perut buncit padahal sudah berolahraga. Diet khusus seperti diet mayo dan keto juga hanya membantu untuksementara waktu. Banyak organisasi kesehatan yang menggunakan Body Mass Index (BMI) sebagai salah satu klasifikasi dan hal yang dapat memprediksi resiko penyakit metabolis. Bagaimanapun hal ini kurang tepat, karena banyak orang yang terlihat kurus tetapi memiliki perut yang buncit. Mengecilkan perut buncit memang sulit, tapi berikut Mimin kasih tips mengecilkan perut buncit yang ampuh :

 

Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Ampuh

Jika merujuk Healthline terdapat 19 cara mengecilkan perut buncit yang ampu h. Simak cara-caranya berikut ini :

1. Mengkonsumsi serat larut dengan teratur

Kalau kamu sudah membuat daftar menu makanan untuk diet, jangan lupa untuk menambahkan bahan makanan serat larut. Serat larut sangat cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan karena berfungsi untuk menambah rasa kenyang. Kalori berlebih dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga dihalangi penyerapannya oleh serat larut ini.

Bahan makanan dengan sumber serat larut antara lain mie shirataki, kubis brussel, alpukat, kacang polong, dan blackberry.

2. Menghindari makanan dengan kandungan lemak trans

Gambar makanan yang mengandung lemak trans

Sumber Gambar : Alodokter

Lemak trans merupakan salah satu lemak jenuh yang kebanyakan berasal dari produk hewani seperti sapi dan kambing. Salah satu bahaya dari lemak trans adalah dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat memicu penyakit seperti jantung dan stroke.

Nah, lemak ini juga yang menumpuk dan menjadikan perut kamu menjadi buncit. Terlepas dari kamu mencoba untuk mengecilkan perut buncit, mengurangi mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak trans adalah suatu keharusan demi kesehatan tubuh kamu. Kamu bisa membaca tabel kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan untuk menghindari kandungan lemak jenis ini.

3. Menghindari minuman beralkohol

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan perut menjadi buncit bahkan obesitas. Jika kamu sering mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya mulai pertimbangkan untuk menguranginya apalagi jika kamu berencana mengecilkan lingkar pinggang. Selain itu, jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah yang serius pada tubuh kamu, walau ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol secukupnya bermanfaat bagi tubuh. 

4. Mengkonsumsi makanan tinggi protein

Makanan dengan kandungan protein

Sumber Gambar : Alodokter

Jika kamu ingin mengecilkan perut buncitmu, asupan protein merupakan hal yang penting. Asupan protein yang banyak dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang karena lepasnya hormon PYY.

Protein juga dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh kamu dan meningkatkan massa otot apabila kamu kondisikan dengan latihan angkat beban. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi banyak protein memiliki kemungkinan yang lebih sedikit untuk punya perut yang buncit. Maka dari pastikan kamu mengkonsumsi protein minimal 1,5-2 gr setiap kg berat badan.

5. Mengurangi tingkat stress

Stress juga dapat memicu perut kamu menjadi buncit yang disebabkan oleh produksi hormon kortisol yang mana biasa disebut juga sebagai hormon stress. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terjadi peningkatan rasa lapar seiring meningkatnya hormon kortisol.

Untuk menghindari produksi hormon ini kamu bisa melakukan aktifitas yang dapat dapat mengurangi stress seperti meditasi, yoga, dan jalan santai.

6. Mengurangi makanan manis

Jika kamu suka mengkonsumsi makanan manis seperti permen dan donat, kamu perlu untuk merubah kebiasaan ini. Penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan antara konsumsi gula berlebihan dengan meningkatnya lemak di perut. Gula juga mengandung fruktosa yang erat kaitannya dengan penyakit kronis jika dikonsumsi secara berlebihan seperti diabetes, jantung, dan obesitas. Bahkan penggunaan gula yang alami dan lebih sehat seperti madu pun harus kamu batasi konsumsinya.

7. Melakukan latihan kardio secara teratur

Bersepeda di alam bebas sebagai olahraga kardio yang menyenangkan

Sumber Gambar : Kompas.com

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan membakar lemak di perut buncit kamu adalah dengan latihan kardio. Kamu bisa menjalani latihan ini dengan menakar detak jantung pada zona 2 yang terbukti sangat baik untuk membakar lemak tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus konsisten untuk melakukan latihan 30 menit sampai 1 jam minimal 3 kali dalam seminggu. Tentunya juga diimbangi dengan menjaga pola makan sehat.

8. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Membatasi konsumsi karbohidrat sama dengan membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh kamu. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan terjadinya pembakaran lemak pada tubuh kamu. Kamu juga tidak perlu untuk menghilangkan karbohidrat sepenuhnya seperti kebanyakan diet ekstrim, kamu cukup mengurangi dan mengganti dengan karbohidrat kompleks seperti yang terdapat di beras merah.

9. Melakukan latihan angkat beban

Latihan angkat beban bisa membantu mengecilkan perut buncit

Sumber Gambar : Halodoc

Latihan beban sebenarnya diperuntukan untuk meningkatkan massa otot tapi banyak penelitian menyebutkan bahwa latihan beban beban juga dapat menurunkan lemak pada perut. Faktanya, kombinasi antara latihan angkat beban dan latihan aerobik sangat efisien untuk mengurangi lemak dalam tubuh menurut beberapa penelitian.

10. Menghindari minuman dengan kadar gula yang tinggi

Minuman dengan kandungan gula yang sangat tinggi

Sumber Gambar :

Minuman manis merupakan penyumbang kalori pada perut buncit tanpa kita sadari. Rasanya enak tetapi mengandung banyak fruktosa. Bahkan kandungan gula pada minuman lebih berbahaya dari pada gula yang terdapat pada makanan karena otak kita kurang mampu untuk memproses cairan fruktosa sehingga kita akan betah mengkonsumsi minuman manis yang akhirnya menjadi tumpukan lemak.

11. Mengatur pola tidur yang cukup

Studi membuktikan bahwa tidur cukup merupakan salah satu aspek yang penting untuk memelihara berat badan. Penelitian selama 16 tahun yang melibatkan 68.000 orang wanita menunjukan bahwa wanita dengan jam tidur kurang dari 5 jam mempunyai resiko kelebihan berat badan dibandingkan wanita dengan wanita yang tidur selama 7 jam.

12. Mengatur pemasukan dan pengeluaran kalori

Mengatur pemasukan kalori yang masuk ke dalam tubuh merupakan hal yang paling penting untuk mengecilkan perut buncit. Sebelum melakukannya kamu harus mengetahui berapa besar kebutuhan kalori harian kamu. Setiap orang memiliki jumlah kebutuhan kalori yang berbeda beda bergantung pada berat badan, tinggi badan, dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Nah untuk mengecilkan perut buncit, kamu cukup mengurangi sedikit asupan kalori harian kamu.

13. Mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega-3

Ikan dengan kandungan omega 3

Sumber Gambar : Kompas Health

Ikan yang memiliki kandungan omega-3 sangat baik untuk kesehatan kamu. Mereka memiliki kandungan omega-3 dan protein yang dapat melindungimu dari berbagai macam penyakit. Hasil penelitian yang melibatkan anak-anak dan orang dewasa menyebutkan bahwa minyak ikan secara signifikan dapat mengurangi lemak pada perut. Kamu bisa mengkonsumsi jenis ikan seperti salmon, sarden, dan makarel.

14. Mengkonsumsi jus buah yang tinggi serat tanpa gula

Meskipun buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral, kebanyakan orang salah untuk mengkonsumsi minuman yang satu ini karena menambahkan gula. Apalagi beberapa buah sudah mengandung kandungan gula yang cukup tinggi. Untuk mengecilkan perut buncit disarankan untuk mengkonsumsi jus buah dengan kandungan gula yang rendah seperti lemon, kiwi, jeruk, nanas, dan semangka.

15. Menambahkan cuka apel ke dalam menu diet kamu

Salah satu manfaat mengkonsumsi cuka apel adalah menurunkan kadar gula dalam darah. Cuka apel mengandung asam asetik yang terbukti dapat menurunkan lemak dalam perut pada berbagai penelitian. Disarankan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan untuk mengkonsumsi 1 sampai 2 sendok makan cuka apel.

16. Mengkonsumsi makanan dan minuman probiotik

Probiotik terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan usus kita. Probiotik sebenarnya merupakan bakteri yang baik untuk pencernaan yang berasal dari makanan maupun minuman hasil fermentasi

17. Membatasi jam makan

Akhir-akhir ini puasa intermiten menjadi populer sebagai suatu cara yang efisien untuk menurunkan berat badan. Metode ini menggunakan batasan waktu selama 8 jam untuk kita mengkonsumsi kalori, untuk waktu 16 jam kita hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi air mineral atau makan dan minuman yang tidak mengandung kalori. Beberapa hasil penelitian membuktikan puasa dengan metode ini berhasil menurunkan kadar lemak dalam perut sebesar 4-7% dalam waktu 6 sampai 24 minggu.

18. Mengkonsumsi teh hijau

Teh hijau dapat membantu kamu mengurangi perut buncit

Sumber Gambar : Tempo

Teh hijau merupakan minuman sehat yang bermanfaat terutama untuk kamu yang ingin mengecilkan perut buncit. Minuman ini mengandung kafein dan antioksidan EGCG yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Mengkombinasikan antara latihan kardio, latihan beban, dan mengkonsumsi teh hijau adalah salah satu cara terbaik untuk mengecilkan perut buncit.

19. Mengubah gaya hidup

Melakukan hanya salah satu dari langkah-langkah diatas mungkin tidak akan efektif. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus menggabungkan beberapa langkah yang paling sesuai dengan aktifitas kamu. Langkah-langkah diatas berkaitan erat dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Jadi, ketika kamu mengubah pola makan dan gaya hidup kamu menjadi lebih teratur, secara alami lemak pada tubuh kamu pasti berkurang.

Hasil dari setiap langkah di atas juga berbeda-beda dan hanya kamu sendiri yang dapat mengenali tubuh kamu sendiri dengan tepat. Tidak ada jalan pintas untuk mengecilkan perut buncit kamu. Setiap cara yang dapat kamu lakukan memerlukan usaha, komitmen dan konsistensi.