Tidak Sembarangan! Inilah Kandungan yang Aman untuk Kulit Sensitif

Jika kamu adalah salah satu pemilik kulit sensitif pasti pernah menghadapi gejala yang tidak nyaman, misalnya gatal-gatal (pruritus), sensasi tertarik, terasa perih atau terbakar, kulit mudah terkelupas, hingga bruntusan. Jenis kulit seperti ini memang memiliki tingkat toleransi yang rendah terhadap produk kosmetik, sehingga mudah bereaksi jika tidak berhati-hati dalam memilih produk kosmetik.

Kandungan yang Aman untuk Kulit Sensitif

Untuk menghindari gejala-gejala  yang mungkin ditimbulkan ketika kamu menggunakan make up ataupun skincare, kamu harus mengetahui beberapa bahan yang tepat untuk kulit kamu. Jangan sampai penggunaan produk yang tadinya ditujukan untuk merawat wajahmu justru malah menimbulkan efek samping yang tidak kamu inginkan. Nah, berikut ini kandungan bahan yang aman digunakan untuk kamu pemilik kulit sensitif :

Aloe Vera

Kulit sensitif cocok untuk menggunakan bahan seperti lidah buaya

Sumber Gambar : Realfood

Aloe vera menjadi salah satu kandungan skincare untuk kulit sensitif yang aman. Bahan ini mengandung senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu menenangkan dan meredakan rasa gatal, sekaligus mencegah kulit dari infeksi. Tipsnya, jika kulitmu sedang mengalami iritasi misalnya akibat matahari, kamu bisa menggunakan sheet mask dengan kandungan aloe vera ini ya Syoobs.

Witch Hazel

WItch Hazel

Sumber Gambar : Halodoc

Witch hazel mengandung tanin yang bersifat astringent dan antioksidan yang artinya produk ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Antioksidan di dalamnya mampu mengusir efek samping radikal bebas yang menjadi pemicu gejala kulit sensitif. Adapun manfaat dari witch hazel diantaranya : 

  • Membantu menghilangkan bekas luka
  • Mengencangkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Meredakan peradangan pada kulit

Witch hazel bersifat anti inflamasi dan dapat membantu menenangkan kulit yang sedang meradang. Kandungan ini juga efektif mengatasi iritasi kulit, seperti ruam popok dan eksim.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan skincare dengan kandungan ekstrak tanaman semak pada bagian kulit yang teriritasi. Jangan lupa untuk menggunakan kapas bersih untuk menghindari bakteri menempel pada kulit.

Squalane

Squalane cocok untuk kulit sensitif

Sumber Gambar : SehatQ

Seiring pertambahan usia, kelembaban kulit akan cenderung menurun dan menimbulkan tampilan muka yang kurang enak dipandang. Tentunya hal tersebut bisa dicegah dan diminimalisir. Maka dari itu kita tidak bisa hanya mengandalkan pelembab alami yang diproduksi oleh tubuh melainkan kita juga membutuhkan pelembab dari luar. Salah satu kandungan pelembab yang menarik untuk dicoba adalah Squalane. Squalane adalah salah satu kandungan pelembab dalam produk perawatan kulit. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk meniru minyak alami kulit, sehingga menjadi pelembab yang tengah naik daun. Kandungan ini juga memiliki sifat antioksidan, anti radang, dan bahkan antitumor. Adapun beberapa manfaat Squalane untuk kulit diantaranya adalah :

  • Menjaga kelembaban kulit
  • Melindungi kulit dari karsinogen
  • Mengendalikan radikal bebas
  • Membantu menenangkan kulit yang mengalami eksim karena sifat anti peradangannya
  • Cocok untuk kulit berminyak dan kulit rentan berjerawat

Ceramide

Ceramide

Sumber Gambar : Beauty Journal

Ceramide merupakan salah satu jenis asam lemak bernama lipid yang secara alami terdapat pada sel kulit manusia dan membentuk setengah lapisan kulit terluar atau yang biasa disebut lapisan epidermis. Ceramide memiliki tugas layaknya lapisan semen pada struktur kulit. Hal ini berfungsi sebagai pelindung yang mampu menghalangi paparan luar yang membawa berbagai efek negatif pada lapisan kulit. Selain itu, ceramide juga berfungsi untuk mencegah keluarnya air yang bermanfaat untuk memberi kelembaban pada kulit. Adapun beberapa manfaat Ceramide yang baik untuk kulit, diantaranya : 

  • Membantu menjaga kelembaban kulit
  • Membantu menjaga kulit dari timbulnya gejala-gejala penuaan dini

Azelaic Acid

Azelaic Acid

Sumber Gambar : Alodokter

Azelaic Acid merupakan salah satu kandungan asam alami yang berasal dari barley dan biji gandum. Kandungan ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, azelaic acid sering kali digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan produk perawatan kulit terutama produk yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Beberapa manfaat yang dapat kamu dapatkan jika menggunakan bahan ini diantaranya :

  • Mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan ampuh
  • Cocok untuk mengatasi jerawat terutama pada wajah
  • Mampu mengurangi tanda iritasi kulit seperti kemerahan pada wajah
  • Mampu meredakan Rosacea

Minyak Jojoba

Minyak Jojoba

Sumber Gambar : JawaPos

Minyak Jojoba merupakan sari yang diekstrak dari biji tanaman jojoba (Simmondsia chinensis).  Ekstrak ini yang kemudian banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar kosmetik. Minyak jojoba kaya akan kandungan yang sangat baik untuk kulit seperti vitamin E, vitamin B kompleks, dan zinc. Selain itu,minyak jojobab juga memiliki kelebihan akan umur simpannya yang lama sehingga semakin menjadikan bahan ini populer untuk pembuatan kosmetik dan produk perawatan kulit lainnya. Adapun beberapa manfaat jojoba yang baik untuk kesehatan kulit kamu diantaranya adalah :

  • Mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit
  • Mengatasi jerawat yang muncul pada wajah
  • Melembutkan dan melembabkan kulit
  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Bakuchiol

Bakuchiol

Sumber Gambar : Lifestyle Kompas

Bakuchiol merupakan sari yang terbuat dari ekstrak biji dan daun dari tumbuhan Psoralea corylifolia atau lebih dikenal dengan sebutan Babchi. Tumbuhan ini merupakan tanaman asli dari India yang dikenal dengan bunganya. Bunga yang mekar pada tanaman ini memiliki warna ungu dan sering dijadikan sebagai alternatif penggunaan retinol pada kulit wajah. Adapun beberapa manfaat yang baik untuk kulit sensitif kamu yang dimiliki oleh bahan ini adalah :

  • Mampu membantu memudarkan flek hitam pada kulit
  • Merawat kulit yang berjerawat terutama pada wajah
  • Membuat wajah tampak lebih segar dan awet muda
  • Membantu memperkuat lapisan kulit

Nah, itu dia rangkuman seputar bahan-bahan pada kosmetik dan perawatan wajah yang aman terutama untuk kamu yang punya kulit sensitif. Tidak usah lagi berkecil hati, kamu cukup mengenali dan menggunakan produk perawatan wajah sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu sedang mengalami permasalahan kulit terutama pada wajah, bersabarlah, kita harus sama-sama menyadari bahwa kesembuhan membutuhkan proses. Tetap semangat ya Syoobers!