8 Cara FYP di TikTok yang Ampuh dan Bisa Kamu Coba

Siapa yang tidak mengenal TikTok saat ini? Platform sosial media untuk mengupload video pendek yang meroket semenjak awal pandemi Covid-19. Media sosial ini tadinya didominasi oleh konten-konten joget anak muda yang mengekspresikan kreativitasnya tapi kini banyak bermunculan konten komedi, tutorial, bahkan berita. Apalagi hadirnya fitur baru “keranjang kuning” yang mempermudah terjadinya transaksi jual beli di aplikasi ini. Jadi tidak heran banyak brand yang melirik TikTok sebagai media promosi melalui iklan maupun  konten influencer. Dampaknya banyak pengguna yang mencari cara FYP di TikTok agar akun sosial media mereka dapat menjadi salah satu sumber penghasilan. FYP atau For Your Page merupakan halaman yang memungkinan lebih banyak pengguna TikTok menyaksikan video yang kamu buat. Nah, seperti pada media sosial lainnya, TikTok juga memiliki algoritma tersendiri. Jika kamu ingin kontenmu dikenal oleh lebih banyak orang, maka kamu harus mempelajari cara FYP di TikTok seperti yang sudah Mimin rangkum di bawah ini :

 

Cara FYP di TikTok

Conton video FYP TikTok

Sumber Gambar : binus.ac.id

 

Utamakan Kualitas Bukan Kuantitas 

Semakin banyak upload video, semakin besar kemungkinan masuk FYP. Hmm jika kamu masih punya pemikiran seperti ini sebaiknya kamu mulai merubahnya. Memang benar, banyak orang dengan postingan yang banyak memiliki jumlah konten viral yang banyak. Tapi jika kamu analisis lebih lanjut, konten yang berhasil viral tentunya memiliki beberapa faktor penting yang membuatnya masuk ke dalam FYP. Faktor-faktor inilah yang perlu kamu analisa dan terapkan ke konten-konten berikutnya. 

Jangan selalu terpaku dengan angka jumlah penonton, karena angka ini akan berbanding lurus dengan kualitas dan karakter dari konten yang kamu buat. Fokuslah pada karakter, kualitas video, efek/filter, dan engagement agar konten kamu semakin menarik dan punya nilai lebih untuk para penonton. Jadi, kamu tidak perlu meng-upload video terus menerus karena hanya akan semakin menurunkan kualitas dirimu sendiri karena faktor kelelahan dan kejenuhan, yang perlu kamu lakukan adalah secara konsisten mengupload konten berkualitas pada akun TikTokmu.

 

Sesuaikan Durasi dengan Isi Videonya

TikTok merupakan platform video pendek, namun tidak sedikit juga video berdurasi panjang masuk FYP dan menjadi viral. Jadi durasi adalah soal penyesuaian antara waktu dan jenis konten videomu. Misalnya video yang berjenis story telling tentu tidak akan maksimal jika hanya menggunakan durasi 15 detik. Memang benar, semakin panjang durasi video semakin besar peluang penonton untuk tidak melanjutkan menonton videomu. Tentunya kamu bisa mengatasi masalah ini  dengan menambahkan elemen yang dapat menjadi daya tarik video kamu yang membuat pengguna betah menonton video kamu dari awal sampai akhir . Kamu juga  perlu melakukan eksperimen dengan meng-upload konten video dengan berbagai jenis dan durasi agar konten kamu lebih bervariatif dan tidak membosankan.

 

Menggunakan Sound yang Sesuai

Penggunaan sound atau lagu merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan konten kamu bisa masuk atau tidak ke FYP. Misalnya penggunaan sound yang sedang tren dapat membantu konten kamu ditonton lebih banyak pengguna TikTok. Kamu bisa menemukan sound yang sedang tren ini menggunakan fitur discover. Kamu juga bisa menggunakan sound yang disukai oleh followers kamu menggunakan fitur analytics. Paling spesial adalah jika kamu menggunakan original sound  yang berkarakter dan sangat berhubungan dengan konten yang kamu buat. Sudah banyak terbukti konten video yang berhasil masuk ke FYP yang menggunakan suara asli mulai dari konten tutorial sampai dengan konten video lucu yang sangat menghibur.

 

Menggunakan Hashtag

Penggunaan hashtag yang paling tepat untuk konten kamu adalah pemilihan hashtag yang relevan dengan konten yang kamu buat. Pilih hashtag yang paling umum kemudian lanjutkan dengan dengan hashtag yang lebih khusus. Hashtag dapat membantu kamu mendapatkan traffic lebih banyak terhadap video yang kamu unggah. Tapi masih banyak yang mengira penggunaan hashtag seperti #ForYou, #FYP, dan #FYPDooong bisa membuat konten video masuk ke dalam FYP, padahal hal tersebut belum tentu efisien. Semakin banyak hashtag digunakan, maka semakin besar persaingannya. Kamu juga dapat menggunakan hashtag yang sedang trending namun kamu perlu mempertimbangkan relevansinya.

 

Mengikuti Tren Terbaru

Mengikuti perkembangan tren merupakan salah satu hal yang wajib kamu lakukan sebagai pembuat konten. Kamu bisa mengamati perkembangannya melalui FYP mu sendiri, analisis konten video yang mungkin tayang berkali-kali bisa kamu jadikan inspirasi pembuatan konten video milikmu.

 

Menggunakan Caption yang Naratif

Penggunaan caption yang menarik merupakan salah satu pemikat yang bisa membuat konten kamu masuk FYP. Kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih hidup seperti sebuah cerita singkat, pertanyaan, atau mungkin ajakan. Caption TikTok terbatas hanya 150 kata, tugas kamu adalah menemukan cara agar dapat memaksimalkan caption sehingga membangun keterikatan antara konten video kamu dengan penonton.

 

Membangun Engagement

Interaksi seperti like, comments, save, dan share merupakan beberapa bentuk engagement yang dapat membantu konten video kamu masuk ke FYP. Jadi pastikan konten kamu mengandung nilai-nilai yang dapat memancing engagement dari pengguna TikTok. Berinteraksi dengan pengguna lain di kolom komentar merupakan hal yang wajib karena hal ini merupakan salah satu sinyal positif dalam algoritma TikTok. Kamu bisa memicu adanya komentar dengan menuliskan kalimat ajakan seperti “bagaimana menurut kalian? bisa share di kolom komentar ya!”.

 

Mengupload Konten saat Prime Time

Prime time yang direkomendasikan untuk unggah video di TikTok

Sumber Gambar : Kuotabisa.com

Jika kamu sudah mengaplikasikan semua cara di atas, kamu juga perlu untuk mencoba mengunggah konten video kamu pada saat prime time yang bisa kamu analisa lewat performa akun di TikTok Pro. Kamu juga bisa mengunggahnya saat prime time sosial media secara umum yaitu pada jam makan siang atau setelah jam kantor. Hal ini bisa kamu uji sendiri penetapan waktunya untuk mengetahui waktu paling efisien untuk mengunggah konten milikmu. 

Demikian beberapa tips dan trik cara masuk FYP di TikTok. Kamu bisa mulai menerapkannya satu per satu agar konten kamu semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang menonton video kamu, semakin banyak juga peluang kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan lupa untuk membuat video yang bermanfaat, tidak mengandung unsur SARA, dan yang paling penting jadilah diri sendiri!