Cara Membuat Jurnal Skripsi yang Perlu Kamu Perhatikan

Sebagian besar institut dan perguruan tinggi di Indonesia mensyaratkan untuk menerbitkan jurnal skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan. Tidak sedikit juga mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir dan skripsinya kebingungan dalam cara membuat jurnal skripsi. Hal tersebut tentunya memakan waktu yang cukup lama dalam penyusunan jurnal skripsi.

Padahal untuk membuat  jurnal skripsi tidak begitu sulit jika kamu mengetahui langkah-langkahnya. Kamu hanya perlu tahu susunan utama dan urutan penyusunan jurnal skripsi ini sehingga tidak akan membuang waktu yang lama. Lalu bagaimana cara membuat dan menyusun jurnal yang efisien? Simak beberapa cara membuat jurnal skripsi berikut ini :

Ketahui dahulu apa itu jurnal skripsi

Jurnal skripsi bisa dibilang sebuah jurnal yang diterbitkan untuk menjelaskan gambaran besar skripsi yang kamu buat. Selain itu juga sebagai acuan dalam penelitian yang berkaitan dengan topik yang kamu bahas. Jadi, skripsi yang merupakan karya ilmiah hasil penelitian secara utuh, sedangkan jurnal skripsi karya ilmiah hasil riset yang lebih ringkas dan dipadatkan. Tujuan dari membuat jurnal skripsi tidak lain tidak bukan adalah untuk mempermudah para akademisi atau siapapun yang ingin membaca karya ilmiah hasil penelitian tersebut.

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Untuk membuat jurnal skripsi yang baik, kamu hanya perlu memperhatikan beberapa tahapan berikut ini :

Pemilihan Judul Jurnal Skripsi

Untuk memilih judul jurnal skripsi ini kamu juga tidak boleh asal-asalan loh gengs. Karena inti dari jurnal ini akan terpampang jelas dari judulnya. Sobat bisa kunjungi situs ini untuk memandu pemilihan judul jurnal skripsi. Ingat, untuk judul jurnal skripsi tidak boleh melebihi 12 kata ya gengs!

Cantumkan Nama Terkait

Sobat, jangan lupa untuk mencantumkan nama penulis, nama dosen pembimbing, juga nama lembaga akademisi. Hal ini bertujuan untuk menunjukan keterangan asal-usul kamu ketika menulis karya ilmiah. 

Abstrak Jurnal Skripsi

Langkah berikutnya kamu bisa mulai untuk menuliskan abstrak dari jurnal skripsi tersebut. Pada bagian ini kamu harus menuliskan hasil tulisanmu sendiri ya gengs! Jangan sampai mengutip dari tulisan karya ilmiah dari orang lain karena pada bagian ini tidak diperbolehkan untuk mengutip tulisan orang lain apalagi menjiplaknya.

Pendahuluan Jurnal Skripsi

Berikutnya kamu bisa memulai menuliskan pendahuluan jurnal skripsi yang memaparkan tentang masalah yang akan dibahas jurnal skripsi tersebut dan bagaimana tentang teori dan tujuan akhir penelitian

Kajian Jurnal Skripsi

Walaupun dalam jurnal skripsi tidak harus mencantumkan penelitian, tetapi untuk kajian teori dalam skripsi perlu dicantumkan pada penulisan jurnal skripsi dalam bentuk kajian konseptual atau literatur.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang dipakai dalam penyusunan skripsi perlu dicantumkan hanya saja penulisannya lebih singkat. Bagian ini memaparkan metode penelitian yang dipakai, teknik pencarian data, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian.

Hasil Penelitian dan Pembahasannya

Berikutnya kamu sudah mulai untuk membahas hasil dari penelitian terkait. Sobat bisa mencantumkan semua data lapangan yang ditemukan, lalu kemudian menuliskan analisis dari data temuan tersebut. Yang perlu diingat dalam penulisan jurnal skripsi harus singkat dan padat ya gengs!

Menulis Kesimpulan

Selanjutnya sobat bisa menuliskan kesimpulan hasil dari analisa  penelitian yang telah dilakukan. Kamu perlu merangkum beberapa isi dari hasil penelitian kamu yang dapat mewakili isi dari penelitian yang kamu lakukan sehingga orang dapat memahami karya ilmiah yang kamu buat dengan baik.

Daftar Pustaka

Dalam penulisan daftar pustaka kamu perlu menuliskan sesuai aturan penulisan daftar pustaka yang ada ya gengs. Untuk metode penulisan daftar pustaka sobat bisa kunjungi situs berikut ini. Pastikan untuk menuliskan semua sumber dari kutipan-kutipan yang ada di karya ilmiah yang kamu buat.

Itu dia urutan cara membuat jurnal skripsi ya gengs. Sobat hanya perlu menyusunnya sesuai urutan tersebut sehingga bisa menyusunnya dengan waktu yang efisien. Sebelum menyusunnya sobat bisa mencari referensi-referensi yang telah tersedia atau bisa membaca buku-buku terlebih dahulu agar tidak kehilangan arah atau inspirasi di tengah penyusunannya. Untuk mempermudah pengerjaan skripsi kamu, kamu bisa mendapatkan buku-buku tentang tips mengerjakan skripsi disini.