Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi : Begini Tipsnya!

Salah satu masalah yang umum ditemui dan bikin panik pada si buah hati yaitu ruam popok pada bayi. Ruam popok ini ditandai dengan bercak merah di sekitar pantat, selangkangan, dan paha bayi. Lalu berlanjut ke tahap kulit kering dan parahnya bisa sampai menyebabkan lecet dan iritasi. Ruam popok timbul disebabkan oleh banyak hal seperti Infeksi karena popok yang lembab, popok yang terlalu ketat, juga kulit si kecil yang sensitif. Lantas bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya? Simak tips dari syoobe berikut ini ya Bun!

Sumber Gambar : Halodoc

Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Rutin Mengganti Popok

Kamu harus selalu cek kondisi ruam popok pada si kecil dan rutinlah mengganti popok jangan sampai terlalu lembab. Hal ini bertujuan agar kebersihan si kecil selalu terjaga. Dengan demikian akan meminimalisir timbulnya iritasi berkelanjutan dan tidak memperparah luka.

Gunakan Baby Cream atau Aloe Vera Gel

Kamu bisa menggunakan baby cream yang beredar di pasaran atau juga bisa menggunakan aloe vera gel untuk mengurangi dampak iritasi pada si kecil. Tapi yang perlu kamu perhatikan, jika ruam pada bayi sudah menjadi luka tidak disarankan untuk menggunakan baby cream atau aloe vera gel. Segeralah konsultasikan dengan dokter jika ruam pada si kecil sudah ke tahap luka atau iritasi parah karena diperlukan penanganan lebih lanjut.

Sumber Gambar : Babyzania

Tambah Ukuran Popok

Tips selanjutnya kamu bisa mencoba untuk menambahkan ukuran popok ke satu size yang lebih besar agar tidak terlalu ketat dan si kecil tetap nyaman saat terjadi ruam. Popok yang terlalu ketat dapat memperparah ruam popok pada bayi karena lebih menekan permukaan kulit si kecil. Kamu bisa cari popok bayi dengan berbagai ukuran disini.

Pakaian yang Nyaman

Pastikan kamu mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat pada si buah hati. Hal ini dikarenakan pakaian yang terlalu ketat akan menyebabkan banyak gesekan pada si kecil. Kamu juga perlu memastikan untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman dan baik untuk menyerap keringat agar si kecil tetap nyaman tentunya Bun.

Hentikan Penggunaan Popok

Jika terlihat ruam popok pada si kecil sudah di tahap iritasi seperti luka atau melepuh dan juga timbul gejala demam pada bayi, segeralah untuk menghentikan penggunaan popok sekali pakai untuk sementara waktu. Dan cobalah untuk segera konsultasikan dengan dokter secepat yang kamu bisa agar dapat ditangani sesegera mungkin.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Jadi, tidak perlu panik lagi ketika Bunda menemukan gejala semacam ini. Atasi dengan tenang dan segera bawa ke ahlinya jika si kecil sudah ada tanda-tanda seperti yang tadi sudah disebutkan. Kamu bisa mendapatkan beberapa kebutuhan si kecil disini.