Menpora Baru, Apa Saja sih Prestasinya?

Menpora Baru

Sumber gambar : Instagram @ditoariotedjo

Kabar terbaru datang dari Kabinet Presiden Joko Widodo, yang mengusung nama menpora baru. Dito Ariotedjo, politikus muda dari Partai Golkar dipercaya Presiden Jokowi untuk mengemban tugasnya sebagai Menpora. Dipilih untuk menggantikan Menpora yang sebelumnya yakni Zainudin Amali. Zainudin mengundurkan jabatannya usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI beberapa waktu lalu. Menurut beberapa sumber, Presiden Joko Widodo bakal melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di hari Senin, 3 Maret 2023 yang di gelar di Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 4 sore WIB. Lantas, siapakah sebenarnya sosok Menpora baru yang satu ini?

Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo merupakan anak dari mantan Direktur Utama PT Antam periode 2017-2019, Arie Prabowo Ariotedjo. Sebagai politikus muda, Dito sudah aktif melakukan kegiatan organisasinya sejak menduduki bangku kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia termasuk aktif dalam kegiatan BEM Fakultas Hukum UI. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022 dibawah naungan Partai Golongan Karya. Selain itu Dito pernah menjadi Chef de Mission Kontingen Indonesia pada gelaran Youth Olympic 2018 di Argentina . Juga pernah terlibat sebagai pengurus ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Pencapaian lainnya yakni pada tahun 2020, Dito termasuk kedalam daftar Forbes sebagai pemuda yang berpengaruh di Indonesia dibawah usia 30 tahun yang saat itu Dito sejajar dengan Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon.

Latar Belakang Karir

Pria berkelahiran Jakarta itu sebagai talenta muda berbakat yang sudah terlihat sejak ia menjadi pemimpin AMPI dan melakukan beberapa tugasnya di dunia politik. Ia juga pernah melakukan kerja sama bisnis dengan Raffi Ahmad yang bertanggung jawab atas berdirinya Rans Nusantara FC. Dito menjabat sebagai Chairman dari klub yang bertanding pada putaran Liga 1. Serta RANS Basketball yang berlaga pada Indonesia Basketball League (IBL). Dito Ariotedjo yang berusia 32 tahun akan menjadi menteri termuda yang dilantiknya mengalahkan menteri termuda sebelumnya yang dilantik, Nadiem Makarim pada usia 35 tahun saat dilantik. Sebagai pencapaian unik di kabinet Jokowi yang mana sudah banyak jajaran menteri muda yang menduduki kursi jabatan di era kepemimpinannya.