Apa Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan?

Banyak manfaat yang dapat kamu dapatkan baik sebagai obat maupun meditasi kesehatan di kehidupan sehari hari dari daun ini. Daun kelor bahkan dapat tumbuh di tanah yang tidak terlalu subur, maka dari itu daun ini sangat mudah dijumpai di berbagai daerah. Daun kelor sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional yang dapat membantu mengobati beberapa penyakit pada tubuh. Sebenarnya, apa manfaat daun kelor untuk kesehatan? Yuk simak rangkuman Syoobe berikut ini.

Apa manfaat daun kelor untuk kesehatan?

Sumber gambar : Kompas Health

Menurunkan Kolesterol

Beberapa kandungan dalam daun kelor mampu menekan kolesterol dalam tubuh kamu. Daun kelor sebagai jenis obat-obatan alami untuk mendukung kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Wanita hamil biasanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yang nantinya akan menyebabkan resiko diabetes apabila dibiarkan berlarut-larut. Dengan mengkonsumsi daun kelor dapat membantu mencegah resiko penyakit tersebut.

Menurunkan Tekanan Darah

Daun kelor mengandung beberapa zat untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Dilansir dari Pharmeasy, daun kelor memiliki antioksidan dan kandungan kalium yang dapat menjaga tekanan darah di dalam tubuh. Konsumsi daun kelor dapat membantu menjaga peredaran darah kamu tetap lancar.

Mencegah Kanker

Pencegahan kanker salah satunya dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi daun kelor. Kandungan daun kelor dapat membunuh sel tubuh yang mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Salah satu kandungannya adalah antioksidan yang terdapat dalam daun kelor yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lainnya dari daun kelor yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Dilansir dari laman puskesmas bagan punak, kandungan senyawa isothiocyanate pada daun kelor berguna sebagai efek yang dapat mengurangi kadar kenaikan gula dalam darah. Kamu dapatĀ  mencobanya di rumah dengan menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan kesukaan kamu untuk mendapatkan manfaat dari daun yang satu ini.

Membantu Melindungi Kesehatan Hati

Selain manfaat dari daun kelor yang membantu melancarkan peredaran darah yang nantinya berimbas kepada kerja metabolisme tubuh yang salah satunya dapat melindungi kesehatan hati, kandungan polifenol juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif pada hati. Kandungan ini juga dapat meningkatkan protein pada hati. 

Itu dia beberapa manfaat dari daun kelor. Daun ini juga sangat mudah ditemukan, karenanya yuk coba untuk mengkonsumsi daun kelor agar kesehatan tubuh kamu tetap terjaga Syoobers!