Jenis Sunscreen yang Wajib Kamu Kenali Sebelum Membeli

Untuk melindungi kesehatan kulit ketika melakukan kegiatan di luar rumah, idealnya kita harus tetap melakukan perawatan kulit wajah seperti penggunaan sunscreen. Paparan sinar matahari atau UV sebagai radiasi yang dapat menyerang kulit menjadi salah satu alasan pentingnya penggunaan sunscreen. Sunscreen sebagai salah satu jenis perawatan kulit wajah yang dapat mencegah sinar matahari dan UV masuk ke dalam kulit. Kulit menjadi tetap sehat dan minim terkena paparan radiasi dengan pemakaian sunscreen. Namun, kita harus mengenali jenis sunscreen apa aja sih yang ideal menurut kebutuhan dari aktivitas kita di luar rumah. Karena sunscreen memiliki berbagai jenis yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu.

Jenis Sunscreen yang Beredar di Pasaran

Nah, sebelum kamu membeli sunscreen, simak dulu ya beberapa jenis sunscreen yang sudah mimin rangkum berikut ini :

Chemical Sunscreen ( Wardah, Emina, Biore, dan Azarine dan lainnya )

Jenis susnscreen Chemical

Sumber Gambar : Illuminare

Cara kerja sunscreen jenis ini yakni dengan menyerap sinar UV ke kulit dengan mengubahnya menjadi panas untuk mencegah masuk ke dalam kulit. Teksturnya cenderung tidak lengket atau berminyak setelah digunakan. Chemical Sunscreen cocok untuk kalian yang melakukan aktivitas diluar rumah dengan tingkat radiasi sinar matahari yang kecil, seperti didalam ruangan.

Karakteristik chemical sunscreen

  Kelebihan dari Chemical Sunscreen : 

  • Tidak meninggalkan bercak putih.
  • Cocok digunakan sebelum makeup.
  • Tahan keringat.

  Kekurangan dari Chemical Sunscreen :

  • Beresiko iritasi kulit.
  • Wajah dapat memerah untuk beberapa tipe kulit yang rentan akibat panas yang dihasilkannya.
  • Suhu kulit meningkat menyebabkan spot hitam di wajah. 
  • Dapat merusak biota laut apabila digunakan untuk berenang.
  • Bekerja efektif setelah 10-15 menit.

Physical Sunscreen ( L’Oreal UV Defender Matte, Innisfree, Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 dan lainnya )

Physical sunscreen

Sumber Gambar : Watson

Cara kerja sunscreen ini yaitu dengan memantulkan sinar UV dengan membuat tembok perlindungan dari kandungan sunscreen. Memantulkannya dapat secara langsung maupun tidak langsung. Teksturnya lebih tebal dan berat dibandingkan dengan chemical sunscreen. Cocok untuk kalian yang melakukan aktivitas diluar rumah dengan tingkat radiasi sinar matahari yang tinggi terutama dengan tipe kulit berminyak atau berjerawat.

Karakteristik Physical Sunscreen

  Kelebihan dari Physical Sunscreen : 

  • Lebih tahan lama dibandingkan dengan chemical sunscreen
  • Berpotensi kecil iritasi untuk tipe kulit sensitif dan tipe kulit yang rentan mengalami breakout
  • Bekerja langsung setelah digunakan

  Kekurangan dari Physical Sunscreen :

  • Mudah hilang jika terkena air
  • Menimbulkan bercak putih
  • Tekstur yang tebal membuat pengolesannya lebih berat di wajah
  • Penggunaannya harus merata dengan takaran sesuai

Hybrid Sunscreen (Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50 PA++++, Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk, Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ dan lainnya)

Hybrid sunscreen

Sumber Gambar : SehatQ

Hybrid Sunscreen merupakan campuran antara chemical sunscreen dan physical sunscreen. Cara kerja sunscreen ini yakni memantulkan sinar UV dan menyerap sinar UV ke kulit sebagai gabungan fungsi dari dua sunscreen. Sunscreen jenis ini memberikan SPF yang tinggi untuk perawatan kulit wajah. Teksturnya mudah menyerap pada kulit. Cocok untuk kamu yang sering melakukan aktivitas diluar rumah dengan tingkat radiasi sinar matahari yang rendah, sedang, maupun tinggi dan dapat digunakan untuk sebagian besar jenis kulit.

Karakteristik Hybrid Sunscreen 

  Kelebihan dari Hybrid Sunscreen : 

  • Kandungannya dapat memiliki perlindungan maksimal pada kulit
  • Memberikan tekstur ringan pada kulit
  • Tidak menimbulkan bercak putih
  • Membantu mencegah komedo atau jerawat

  Kekurangan dari Hybrid Sunscreen : 

  • Mudah hilang jika terkena air atau keringat
  • Berkurang setelah 2 jam pemakaian

Mengenali Jenis Kulit Sebelum Memilih Sunscreen

Sebelum kita memilih jenis sunscreen yang akan digunakan sebaiknya kita kenali dahulu tipe kulit kita. Nantinya, kita akan dapat memilih karakter sunscreen yang sesuai dengan kulit kita. Kita juga harus mengetahui seberapa besar intensitas radiasi matahari dalam aktivitas kita di luar rumah. Jika kalian memiliki aktivitas di bawah terik matahari yang sering sebaiknya dapat menggunakan jenis physical sunscreen, sebaliknya jika seringnya aktivitas didalam ruangan gunakan jenis chemical sunscreen. 

Hybrid sunscreen sebaiknya dapat digunakan dengan kalian yang memiliki tipe kulit wajah yang ragam (berminyak dan kering). Apabila terlalu tinggi sebaiknya selain menggunakan sunscreen coba untuk menggunakan perlindungan pakaian yang menutup kulit. Gunakan sunscreen yang sesuai takaran karena sunscreen sendiri mengandung bahan kimia apabila digunakan terlalu banyak dapat merusak kulit. Jenis sunscreen akan bekerja efektif dan nyaman sesuai dengan karakter kulit wajah kalian.

Nah itu dia beberapa fakta mengenai sunscreen yang dapat kamu jadikan pertimbangan untuk memilih jenis sunscreen mana yang paling cocok untuk jenis kulit dan aktivitas kamu. Semoga membantu ya Syoobers!