Peran Teknologi Informasi di Era Modern

Sebelum kita membahas apa saja peran teknologi informasi di era modern, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian teknologi informasi itu sendiri. Teknologi Informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, bahkan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang berkualitas terdiri dari informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan, dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. 

Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Saat ini semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dan sebagainya. Jadi tidak heran jika penerapan teknologi informasi banyak digunakan para pelaku usaha. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Manfaat dari teknologi informasi tersebut juga sangat membantu kita dalam kehidupan sehari hari dan pastinya sangat penting untuk kita pelajari. Berikut ini rangkuman peran teknologi informasi bagi kehidupan kita :

ilustrasi peran teknologi informasi di era modern

Sumber Gambar : BAKTI Kominfo

Manfaat teknologi  informasi bagi manusia dalam kehidupan sehari – hari

Manfaat teknologi sangat penting bagi kehidupan manusia sehari-hari, tanpa memandang usia maupun kalangan. Berikut adalah beberapa manfaat teknologi bagi kehidupan manusia:

  1. Dapat menambah ilmu dan pengetahuan
  2. Memberikan hiburan
  3. Memudahkan dalam pencarian informasi dan data

Manfaat teknologiĀ  informasi untuk bisnis

Dalam dunia bisnis, manfaat teknologi sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup suatu perusahaan. Dengan teknologi, urusan bisnis dapat dibentuk menjadi lebih efisien dan lebih maju. Lalu apa saja manfaat teknologi dalam dunia bisnis, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menghasilkan peluang usaha baru
  2. Meningkatkan efisiensi waktu dan operasional perusahaan
  3. Memberikan keunggulan yang lebih kompetitif
  4. Memperluas target pasar perusahaan

Manfaat teknologi informasi dalam pendidikan

Sumber Gambar : Infojateng

Manfaat teknologi dapat berperan besar dalam dunia pendidikan, untuk mempermudah pembelajaran dan bersaing di kancah internasional. Teknologi juga dapat memberikan kita akses informasi dan pengetahuan dari berbagai sumber dan tempat. Hal ini tentunya dapat mempermudah kita untuk mempelajari sesuatu yang tadinya sulit dijangkau. Di bawah ini adalah beberapa manfaat teknologi pendidikan untuk pendidikan yang lebih berkualitas.

  1. Memperluas wawasan siswa dan guru
  2. Membantu siswa dan guru untuk mencari informasi yang lebih luas dan fleksibel
  3. Membantu siswa dan guru dalam proses mengajar
  4. Membantu siswa dan guru dalam mencari sumber informasi yang berkaitan dengan pembelajaran

Manfaat teknologi dalam bidang  komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan salah satu teknologi yang paling cepat berkembang. Dari yang tadinya kita harus mengirim surat menggunakan perangko melalui kantor pos untuk berkomunikasi dengan seseorang kini beralih hanya dengan satu klik menggunakan e-mail. Kita juga dapat bertatap muka langsung dengan lawan bicara menggunakan teknologi yang dinamakan video call. Berikut keunggulan teknologi di bidang telekomunikasi :

  1. Memudahkan orang untuk berkomunikasi jarak jauh
  2. Mempromosikan jaringan komunikasi
  3. Memberikan informasi kepada publik kapan saja dan dari mana saja
  4. Memberi informasi hiburan  kepada publik

Manfaat dari teknologi ramah lingkungan

Sumber Gambar : Kompasiana

Saat ini teknologi ramah lingkungan telah dikembangkan untuk menghindari kerusakan lingkungan di bumi yang kita tinggali. Mulai dari teknologi yang dapat menciptakan tempat makanan ramah lingkungan hingga mesin mesin yang dapat mengefisiensikan bahan bakar sehingga dapat meminimalisir polusi. Beberapa manfaat teknologi ramah lingkungan adalah:

  1. Mengurangi jumlah polusi yang dapat merusak lingkungan
  2. Penggunaan sumber daya alam secara efektif dan terbarukan
  3. Mengurangi biaya produksi

Manfaat Dari teknologi Digital

Teknologi di era digital ini membawa banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, antara lain periklanan, pendidikan, transportasi, televisi, komunikasi, media, dan pengarsipan. Dengan adanya teknologi ini semua aspek dapat dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien. Bahkan kita bisa mengurus atau mendapatkan sesuatu tanpa datang ke tempat yang menyediakannya.

Manfaat Teknologi Transportasi

Sumber Gambar : Travel Okezone

Transportasi yang saat ini semakin sophisticated dan semakin maju tentunya tidak terlepas dari peran teknologi yg juga semakin maju. Transportasi merupakan kebutuhan dasar yang banyak diperlukan banyak orang, sangat banyak permasalahan transportasi yang dulunya menyulitkan kita namun sekarang sudah banyak juga yang dipecahkan menggunakan teknologi. Adapun manfaat teknologi pada transportasi diantaranya sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keselamatan transportasi
  2. Meningkatkan efisiensi sistem transportasi
  3. Dapat meningkatkan aksesibilitas lalu lintas
  4. Menjadikan sistem transportasi yang lebih jelas dan transparan


Nah, itulah beberapa peran teknologi infromasi bagi kehidupan sehari-hari bagi manusia. Pada era modern ini, masyarakat dituntut untuk dapat menggunakan teknologi informasi sebaik mungkin. Karena dibalik manfaat teknologi yang positif tidak sedikit pula peran teknologi yang negatif dan disalahgunakan. Pemanfaatan teknologi yang sesuai tentu akan memberikan manfaat begitupun sebaliknya.