Makanan Khas DKI Jakarta yang Pecinta Kuliner Wajib Coba

Jakarta merupakan salah satu kota terbesar yang menjadi Ibu kota dari negara Indonesia. Secara resmi, nama Jakarta adalah Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau biasa disingkat dan dikenal dengan DKI Jakarta. Jakarta sendiri sudah beberapa kali berganti nama. Nama-nama Jakarta pada masa lalu adalah Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Kota Jakarta adalah pusat dari bisnis, politik, dan kebudayaan di Indonesia jadi tidak heran jika banyak kantor pusat pemerintahan dan gedung penting lainnya yang terletak di Jakarta. 

Makanan Khas DKI Jakarta

Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Indonesia tentunya Jakarta memiliki banyak tujuan wisata dan kuliner yang diburu oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini berhubungan dengan warisan budaya dan sejarah yang dimiliki oleh Ibukota Indonesia. Banyak sekali makanan khas yang wajib kamu coba. Bahkan banyak diantaranya yang jarang dijual dan diketahui oleh wisatawan yang padahal makanan khas Jakarta ini sangat enak dan kaya akan rasa. Nah berikut sudah Syoobe rangkum beberapa makanan khas DKI Jakarta yangn jangan sampai kamu lewatkan jika berkunjung kesana :

Kerak Telor

Makanan khas DKI Jakarta : Kerak Telor

Sumber Gambar : Wikipedia

Makanan khas DKI Jakarta pertama yang perlu kamu coba pastinya adalah kerak telor. Sajian makanan khas satu ini terdiri dari telur yang dihadapkan pada panas arang hingga menyerupai kerak dan dengan kenampakan yang agak gosong. Kemudian kerak tersebut ditaburi bawang goreng dan serundeng. Kamu dapat menjumpai makanan khas ini dengan mudah di area umum seperti pagelaran seni dan festival.

Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Betawi

Sumber Gambar : detikFood

Nasi uduk menjadi salah satu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Kenikmatan nasi uduk sangat cocok kamu santap untuk sarapan dan makan siang. Nasi uduk betawi merupakan salah satu ikon makanan khas DKI Jakarta. Makanan khas ini digemari banyak orang karena cita rasanya yang gurih, manis dan pedas. Tekstur nasi yang pera dengan aroma daun salam menjadi salah satu ciri khas kuliner yang satu ini. Nasi uduk memiliki banyak varian komponen seperti bihun goreng, semur jengkol, dan sambal kacang yang semakin meningkatkan kompleksitas rasanya. Ada beberapa rekomendasi yang beberapa diantaranya sudah berjualan puluhan tahun diantaranya Nasi Uduk Mas Miskun, Nasi Uduk Mat, dan Nasi Uduk Gondangdia.

Roti Buaya

Roti Buaya di acara pernikahan

Sumber Gambar : Liputan6

Roti buaya merupakan hidangan khas Betawi berupa roti dengan cita rasa manis. Sesuai namanya, roti ini memang dibentuk menyerupai hewan predator yang bisa hidup di dua alam yaitu buaya. Alasan kenapa bentuk yang dipilih adalah hewan yang sangar ini sebenarnya cukup unik dan memiliki arti yang dalam yaitu buaya dipercaya oleh Suku Betawi hanya kawin sekali dengan pasangannya. Hal ini dijadikan sebuah lambang kesetiaan dalam ikatan pernikahan. Jadi tidak heran jika Roti Buaya sangat sering dijumpai pada upacara pernikahan dan kenduri tradisional masyarakat Betawi. Roti ini diletakkan di sisi mempelai wanita dan para tamu pada saat acara pernikahan yang juga menjadi simbol karakter dan sifat laki-laki yaitu sabar menunggu mangsanya.

Lontong Sayur Betawi

Lontong sayur jakarta

Sumber Gambar : Kompas

Lontong Sayur Betawi merupakan salah satu makanan khas DKI Jakarta. Potongan lontong yang disajikan dengan sayur santan dan terkadang ditambah opor, telur balado, atau lauk lain, sangat digemari banyak orang. Hidangan yang satu ini bahkan sering dijadikan menu sarapan. Lontong sayur khas betawi ini dalam penyajiannya terdiri dari sayur yang berupa sayur labu atau pepaya muda yang potong kecil-kecil, sedangkan untuk kuahnya menggunakan santan dengan racikan bumbu rempah sedap khas Betawi. Bisa juga menggunakan sayur yang direbus dan terbuat dari beberapa macam sayuran seperti kol dan kacang panjang. Untuk menambah kenikmatan makanan khas yang satu ini kamu bisa memadukannya dengan semur jengkol. Perpaduan tersebut dijamin dapat menggoyang lidahmu saat menyantapnya.

Ketoprak Betawi

Ketoprak jakarta

Sumber Gambar : IDN Times

Ketoprak merupakan salah satu makanan khas DKI Jakarta yang memiliki cita rasa manis dan pedas. Kelezatan utama sajian yang satu ini terletak pada bumbu kacangnya yang kentall. Komposisi yang ada pada ketoprak terdiri dari bihun, tauge, tahu putih, dan lontong. Biasanya disajikan dengan kerupuk sebagai penambah tekstur yang semakin meningkatkan kelezatannya.

Soto Betawi

Soto betawi

Sumber Gambar : Kulinear

Soto Betawi merupakan kuliner makanan khas DKI Jakarta. Soto ini menjadi unik karena memiliki kuah kental yang khas dan menjadi pembeda dari soto dari daerah lainnya yang mana biasanya menggunakan kuah bening. Isian yang digunakan pada makanan khas yang satu ini yakni adanya jeroan, bahkan mata dan torpedo sapi, serta emping. Untuk menambah kesegaran pada soto ini juga ditambahkan kondimen buah dengan rasa asam yaitu tomat dan jeruk nipis.

Nah, setelah membaca rangkuman makanan khas DKI Jakarta di atas, yang mana makanan yang sudah pernah Syoobers coba? Atau malah jadi rindu ingin mencobanya lagi? Tapi jika kamu belum pernah sama sekali mencoba salah satu kuliner tersebut, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam daftar tujuan wisata dan kuliner jika kamu berkunjung ke DKI Jakarta suatu saat nanti. Karena dengan mengunjungi dan menikmati makanan khas daerah, artinya kita juga turut serta dalam memajukan perekonomian sekaligus menjaga warisan kekayaan budaya daerah yang kamu kunjungi.