Rekomendasi Wisata Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Yogyakarta  memiliki banyak ragam budaya dan kuliner yang selalu membuat kita penasaran dan rindu untuk datang kembali kesana. Keramahan masyarakatnya menjadikan daerah ini semakin istimewa seperti namanya. Tak hanya itu, Jogja juga menyuguhkan berbagai rekomendasi wisata Yogyakarta dengan pesona yang bisa dinikmati semua umur dan kalangan.

Jika kamu berniat untuk berwisata ke alam maupun wisata kekinian, Jogja punya semua. Terlebih lagi sekarang kamu bisa mengakses Yogyakarta International Airport yang sudah beroperasi dan siap mempermudah perjalanan kamu dalam menjelajahi Kota Gudeg.

Daftar Rekomendasi Wisata Yogyakarta

Jogja memiliki beberapa spot wisata yang wajib kamu kunjungi. Setiap destinasinya memiliki karakteristik yang unik dan dapat memberikan pengalaman baru untukmu. Mulai dari hutan, gunung, pantai bisa kamu kunjungi satu persatu tanpa takut menyesal di kemudian hari. Nah, berikut ini rekomendasi wisata Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi :

Candi Prambanan

Salah satu rekomendasi wisata Yogyakarta Candi Prambanan

Sumber Gambar : CNN Indonesia

Objek wisata ini begitu populer baik dari pengunjung lokal sampai mancanegara, jadi jangan heran jika banyak turis asing yang datang untuk menikmati kemegahan candi Hindu ini. Lokasinya berada Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan. Mengutip Wikipedia, Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, Tiga Dewa Utama agama Hindu yaitu Dewa Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Dewa Siwa sebagai dewa pemusnah.

Hutan Pinus Mangunan

Penampakan Hutan Pinus Mangunan

Sumber Gambar : Raskita.com

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu wisata alam andalan Kabupaten Bantul. Wisata alam ini berada di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum wisata ini dikenal banyak orang, hutan ini dulunya merupakan kawasan tandus yang kemudian berubah menjadi wisata yang indah dan enak buat dikunjungi. Pengunjung yang datang akan perlu membayar harga tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket masuk hanya Rp5.000 jadi tidak heran jika kawasan ini tak pernah sepi pengunjung sejak dibuka untuk umum tahun 2014 silam.

Malioboro

Penampakan Malioboro

Sumber Gambar : Kompas.com

Malioboro merupakan tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan ketika berwisata di Kota Yogyakarta. Memang tidak akan lengkap jika liburan ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Malioboro, karena bisa dikatakan menjadi salah satu simbol daerah istimewa yang satu ini jadi wajib untuk kamu kunjungi ketika berlibur di Jogja baik bersama keluarga, sahabat maupun kekasih tercinta. Salah satu yang khas dari wisata Malioboro adalah banyaknya pedagang souvenir dan makanan khas di sepanjang jalan. Kamu bisa menjumpai banyak tempat kuliner dan terdapat banyak spot foto, salah satunya yang paling ikonik adalah papan nama jalan malioboro. Jika mau  menjelajahi kawasan ini ada banyak sekali spots foto lain yang bisa kamu coba.

Taman Sari Yogyakarta

Penampakan Taman Sari Yogyakarta

Sumber Gambar : Kumparan.com

Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Harga tiket Taman Sari Yogyakarta pun cukup terjangkau. Lokasinya berada di kawasan besar Keraton Kesultanan Yogyakarta.
Sesuai informasi dari pihak keraton dan Balai Pelestarian Bangunan dan Cagar Budaya, Taman Sari sebenarnya merupakan sebuah pesanggrahan atau tempat peristirahatan Sultan Hamengku Buwono I dan keluarganya.

Pantai Parangtritis

Penampakan Pantai Parangteritis

Sumber Gambar : Sumsel24.com

Pantai Parangtritis adalah tempat wisata yang terletak di Desa ParangtritisKapanéwon KretekKabupaten BantulDaerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 27 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta dan telah menjadi ikon pariwisata di Yogyakarta. Pantai ini mempunyai nilai simbolis yang merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan Panggung KrapyakKeraton YogyakartaTugu Yogyakarta dan Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta.

Pantai Parangtritis juga memungkian wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Pantai ini menawarkan aktivitas lain bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATVkuda maupun delman, melakukan olahraga seperti berlarisepak bola dan voli di pasir pantai, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau sekadar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wisata Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menambah pengalaman baru dan koleksi foto outfit of the day menggunakan pakaian dan aksesoris andalan kamu. Berwisata juga merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan penat pekerjaan, mengembalikan mood kamu, dan menjernihkan pikiran. Jadi, kapan kamu akan main ke Jogja?