Mengenal Authorized dan Official Store di Syoobe

Ribuan toko yang ada di marketplace e-commerce menjual berbagai macam produk yang unik maupun yang sudah umum ada di pasaran. Jadi, sudah bukan hal yang aneh lagi ketika kita menemukan banyak kesamaan produk pada beberapa toko yang ada di marketplace. Hal ini menyebabkan pengguna atau calon pembeli kebingungan untuk memilih membeli dari toko yang mana. Tentunya pembeli akan lebih memilih untuk bertransaksi di toko lebih dipercaya dan punya layanan khusus seperti gratis ongkir dan cash on delivery. Jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan lebih agar pembeli lebih memilih toko milikmu untuk membeli barang, kamu bisa mendaftar sebagai Authorized dan Official Store.

Mendaftar di Syoobe

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah mendaftar sebagai pengguna maupun penjual di Syoobe jika kamu belum memiliki akun. Apabila kamu sudah mendaftarkan diri, kamu bisa melewati tahap ini dan langsung melompat ke tahapan selanjutnya. Untuk mendaftar sebagai pengguna maupun penjual, kamu bisa pergi ke tombol LOGIN pada pojok kanan atas. Yang perlu kamu siapkan untuk mendaftar hanyalah alamat email dan nomor hp aktif untuk verifikasi kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS. Selanjutnya kamu tinggal memasukan kode OTP tersebut pada kolom yang tersedia dan tunggu notifikasi selanjutnya.

Membuka Toko Di Syoobe

Setelah berhasil mendaftar, kamu akan masuk pada dashboard pengguna maupun pembeli. Pada bagian kiri atas, kamu akan menemukan pilihan akun sebagai pengguna maupun penjual. Kedua akun ini memiliki kategori menu dan tampilan yang berbeda yang sudah kami sesuaikan untuk penggunaan pengguna. Untuk membuat toko, kamu bisa pergi ke kategori menu TOKO pada bagian tengah di sebelah kiri. Kemudian pilih menu Kelola Toko yang akan memunculkan beberapa kolom informasi yang harus kamu isi untuk keperluan tokomu.

Apa itu Official Store?

Official Store merupakan seller resmi dengan diberi keterangan khusus pada tokonya yang berisi barang asli di Syoobe. Keterangan khususnya berupa pemberian label pada toko maupun produk yang bersangkutan. Pengguna bisa menemukan Official Store pada Homepage maupun melalui kolom pencarian.

Apa keuntungan Berbelanja di Authorized dan Official Store?

Sebagai pembeli, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berbelanja lewat Official Store, diantaranya :

Jaminan Produk Asli

Jika kamu berbelanja lewat Official Store maka garansi kamu mendapatkan barang original akan dijamin 100% oleh penjual.

Garansi Pengembalian

Kamu tidak perlu khawatir jika melakukan transaksi di Official Store karena adanya garansi pengembalian barang. Kamu bisa mengajukan pengembalian produk sesuai dengan tata cara yang ada pada masing-masing seller jika barang yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan deskripsi, rusak, dan hilang saat pengiriman. Tapi ingat garansi pengembalian barang hanya berlaku jika kamu memiliki bukti yang benar-benar dapat membuktikan sesuai laporan komplain. Contoh buktinya dapat berupa video unboxing orderan barang yang kamu terima.

Apa keuntungan menjadi Authorized dan Official Store?

Jika kamu mendaftarkan toko mu menjadi Authorized maupun Official Seller, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :

Dapatkan kepercayaan lebih dari pembeli

Jika toko milikmu sudah memenuhi segala persyaratan dan disetujui sebagai Authorized maupun Official Store, tokomu akan mendapatkan sebuah ikon dari Syoobe. Ikon yang diberikan berupa ribbon berwarna merah pada Authorized Store dan ribbon berwarna kuning pada Official Store. Ikon ini lah yang nantinya berpotensi untuk lebih menyakinkan pembeli untuk berbelanja di toko milikmu.

Berbagai fitur premium untuk mengembangkan toko

Jika kamu sudah terdaftar sebagai Authorized maupun Official seller tentu saja kamu bisa menggunakan layanan-layanan premium seperti Gratis Ongkir dan Cash on Delivery. Layanan premium tersebut dapat digunakan gratis jika kamu sudah mengunggah  25 produk di toko milikmu.

Apa saja persyaratan menjadi Official Store?

Jika kamu berminat mendaftarkan diri sebagai Authorized maupun Official Store, ada beberapa hal yang harus kamu sertakan saat melakukan pendaftaran sebagai berikut :

Persyaratan Dokumen 

  • KTP
  • NPWP                                                                                                                                                                                                                                                  
  • SIUP/Surat Izin Operasional
  • HAKI yang berhubungan dengan merek dan atau produk yang diperdagangkan
  • BPOM/SNI/Perizinan Kementerian Kesehatan untuk produk tertentu yang membutuhkan izin tersebut
  • NIB/TDP/SKDP

Nah, demikian penjelasan mengenai Authorized dan Official Store. Untuk informasi lebih jelasnya mengenai Pembuatan Akun, Membuka Toko, dan Mendaftar sebagai Authorized dan Official Store bisa klik di sini. Kamu bisa mendownload gratis Guidebook Syoobe untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai panduan menggunakan Syoobe. Daftarkan segera toko milikmu menjadi Authorized maupun Official Seller untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pembeli dan bisa mengakses fitur premium dari Syoobe tanpa syarat apapun!