5 Rekomendasi Makanan Khas Padang yang Wajib Kamu Coba

Karakteristik yang menjadi ciri makanan khas Padang yaitu penggunaan rempah-rempah. Hal ini menyebabkan sebagian besar cita rasa yang dimiliki cenderung pedas dan harum. Bumbu pada makanan khas daerah Padang menjadi ciri khas tersendiri dengan karakter aroma rempahnya yang kuat. Beberapa jenis sajian kuliner khas daerah Padang sekarang tidak hanya dapat kamu jumpai di daerah asalnya, melainkan bisa kamu jumpai di berbagai kota di Indonesia karena banyaknya orang asli Padang yang pergi merantau ke berbagai daerah dan membuka usaha rumah makan.

Makanan Khas Padang

Beberapa makanan khas daerah padang mungkin sudah sering kamu jumpai di rumah makan padang langgananmu. Simak beberapa rekomendasi makanan khas Padang yang sudah Syoobe rangkum berikut ini : 

Rendang

Sumber gambar : Kumparan

Makanan legendaris dari kota Padang yang terkenal dengan rasa lezat, kaya akan rempah, dan teksturnya yang empuk. Rendang terbuat dari olahan daging sapi yang dibalut  dengan bumbu rempah-rempah sehingga menciptakan aroma yang kuat. Rendang juga masuk ke dalam top favorit 50 makanan paling lezat versi CNN Indonesia. Jika kamu ingin mencicipi rasa original rendang kamu dapat mengunjungi daerah Payakumbuh di kota Padang.

Dendeng Balado

Sumber gambar : Kompas.com

Olahan makanan daging sapi khas Padang yang tidak kalah enaknya yaitu dendeng balado. Umumnya dendeng balado berbentuk irisan tipis dari daging sapi yang digoreng kemudian diberi bumbu rempah dan balado sehingga menciptakan rasa pedas yang nikmat. Irisan cabai merah di atas daging dendeng dapat menambah selera makan siang kamu.

Sate Padang

Sumber gambar : JDlines.com

Yang membedakan sate Padang dengan sate lainnya yakni terletak pada siraman bumbu kuah kacang yang kental dengan citarasa bumbu rempah otentik yang ditambah dengan cabai. Sate Padang terbuat dari olahan daging sapi yang meliputi bagian lidah ataupun jeroan (jantung,tetelan, dan usus). Sate Padang lebih nikmat dimakan dengan lontong atau ketupat.

Lamang

Sumber gambar : Indonesia Kaya

Jika kamu tidak menyukai rasa pedas, kue Lamang menjadi salah satu kuliner khas Padang yang dapat kamu pilih karena memiliki cita rasa yang manis. Lamang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan, daun kelapa, dan sedikit garam. Lamang menjadi makanan favorit masyarakat Minangkabau. Untuk itu jika kamu kesana kamu wajib mencicipi makanan ini.

Bika Talago

Sumber gambar : Liputan 6

Olahan makanan manis yang selanjutnya berasal dari Bukittinggi yaitu Bika Talago. Terbuat dari campuran pisang, gula merah, tepung beras, dan kelapa parut yang umumnya berwarna coklat. Jenis kuliner ini cocok untuk kamu cicipi saat udara dingin karena biasanya Bika Talago hanya akan dimasak ketika kamu membelinya sehingga akan tercipta rasa hangat dari makanan ini. Kebayang kan betapa nikmatnya menyantap makanan khas Padang yang satu ini bersama secangkir kopi? Yummm.

Nah itu dia beberapa rekomendasi kuliner khas daerah Padang yang telah Syoobe rangkum. Jika kamu sedang berkunjung ke Padang, yuk coba untuk mencicipi makanan khasnya. Makanan khas Padang yang mana yang paling ingin kamu coba?